Ini Alasan Anda Harus Membuat Artikel Yang Berkualitas

Membuat artikel yang SEO friendly memang susah-susah gampang. Ada banyak pedoman yang harus kita ikuti agar artikel bisa muncul di halaman pertama dari hasil pencarian organik Google.

Walau demikian, dengan banyak latihan, kita akan semakin ahli dalam menulis artikel SEO friendly. Berikut adalah beberapa pedoman yang bisa dijalankan dalam pembuatan artikel tersebut.

  1. Gunakan Keyword Yang Sesuai

Carilah keyword atau kata kunci yang kemungkinan besar akan banyak dicari oleh audiens website kita.

gunakan keyword yang sesuai

Oleh karenanya, kita harus paham dulu siapa yang akan jadi audiens agar target keyword dapat dipastikan.

Tiap jenis industri akan memiliki karakteristik konsumen berbeda, sehingga kata kunci yang digunakan pun kemungkinan besar akan berbeda.

2. Pastikan Artikel Bermanfaat

Pastikan bahwa artikel yang tertulis memang bermanfaat serta dapat menjawab pertanyaan yang dicari oleh audiens.

Google akan dapat mendeteksi tingkat kepuasan audiens pada hasil pencarian melalui berbagai indikator, seperti lama waktu yang dihabiskan untuk membaca sebuah artikel serta apakah artikel tersebut dibagikan atau tidak.

Makin lama waktu yang dihabiskan dalam membaca artikel serta makin banyak artikel tersebut dibagikan, maka Google akan memberi nilai tambah pada halaman website kita.

Usahakan artikel ditulis selengkap mungkin dan dapat menjawab semua pertanyaan pengunjung web.

Anda juga memanfaatkan jasa penulis artikel yang bisa membuatkan Anda artikel yang bermanfaat yang disukai Google dan audiens Anda.

3. Gunakan Focus Keyword Sewajarnya Saja

Cara membuat artikel yang baik selanjutnya adalah dengan pemakaian focus keyword yang wajar.

Tidak perlu berlebihan atau diulang berkali-kali karena justru akan menurunkan kualitas dari artikel yang ditulis.

Perlu juga untuk diingat bahwa artikel itu ditulis untuk manusia sehingga struktur penulisan haruslah disesuaikan logika manusia.

Baca juga  Jadikan Artikel Aset Penting Website Dengan Cara Ini

4. Artikel Harus Layak Baca

Artikel yang ditulis seharusnya sesuai kaidah penulisan agar menunjukkan profesionalitas blog atau website yang dikelola, baik blog pribadi maupun blog perusahaan.

Kita bisa minta bantuan teman untuk mengoreksi apakah ada kesalahan ejaan atau kalimat yang kurang masuk akal dalam artikel tersebut.

5. Link Eksternal dan Internal

Penulisan artikel online seringkali membutuhkan link, baik link eksternal maupun internal. Fungsinya ialah memberikan penjelasan lebih jauh terkait topik utama dari artikel tersebut.

internal link dan eksternal link dalam artikel

Link internal akan merujuk ke salah satu artikel pada blog yang sama, sementara link eksternal akan merjuk ke situs selain blog. Keduanya memiliki fungsi masing-masing serta sama-sama berguna.

6. Perhatikan Elemen Blog Yang Penting

Cara membuat artikel yang baik dan benar berikutnya adalah dengan memperhatikan elemen blog yang terbilang penting.

Komponen artikel dalam sebuah blog tak hanya paragraf serta kalimat namun juga URL, heading hingga judul.

Apabila kita menginginkan artikel muncul pada halaman pertama hasil pencarian organik Google, maka pastikan komponen-komponen blog ini harus juga diperhatikan.

7. Optimasi Gambar

Penambahan gambar dalam artikel ialah langkah bagus supaya pembaca tidak merasa bosan, terutama jika artikel yang ditulis cukup panjang. Akan tetapi, kita juga harus melakukan optimasi gambar.

membuat artikel

Nama file dari gambar tersebut harus sesuai fokus keyword yang digunakan agar Google semakin mudah menyesuaikannya dengan artikel kita.

Selain itu, alt text juga harus ditulis menggunakan fokus keyword. Perkecil ukuran gambar supaya proses loading page makin cepat.

8. Konsisten Unggah Konten

Langkah membuat artikel SEO di website adalah dengan melakukan pengunggahan konten secara konsisten. Ini karena blog yang aktif akan memberi sinyal bagus pada Google.

Baca juga  Buat Artikel Terbaik dan Tingkatkan Kualitas Website Anda

Google umumnya akan memberi poin plus pada blog yang aktif dibanding blog yang pasif.

9. Sudut Pandang Unik

Satu kata kunci yang sama biasanya akan menghadirkan banyak pilihan sudut pandang berbeda bagi kita untuk mengembangkannya.

Pilih sudut pandang yang unik dan baru agar tidak sama dengan artikel lain.

10. Optimalkan Panjang Artikel

Teknik membuat artikel sebaiknya turut memperhatikan panjang dari artikel tersebut. Jumlah minimal sebuah artikel blog sebaiknya adalah 300 kata.

Panjang optimal ini akan berbeda-beda sesuai tujuan dari penulisan artikel tersebut.

Jika kita ingin artikel ada di halaman pertama dari hasil pencarian Google, idealnya panjang artikel ialah 2500 kata. Jangan terlalu panjang agar tidak membosankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *